Website ini berisikan artikel terbaru tentang trend & issue Ilmu Keperawatan.

Mentoring sebagai Pendidikan Klinis Keperawatan

Mentoring sebagai Pendidikan Klinis Keperawatan
mentoring


Mentoring sebagai Pendidikan Klinis Keperawatan. Definisi dari mentoring adalah orang yang lebih terampil/berpengalaman bersedia memberikan pengajaran kepada orang dengan ketrampilan/pengalaman sedikit, dengan tujuan yang disepakati oleh orang yang mempunyai pengalaman lebih sedikit untuk menambah dan mengembangkan kompetensi yang spesifik (Murray, Owen. 1991). 

Dari definisi tersebut diatas bisa disimpulkan bahwa mentoring adalah:Support (dukungan), Encouragement (memberi semangat), Listening (mendengar), Facilitation of Self-Reliance (memfasilitasi), Mentoring bukan “Evaluation”. Jadi seorang mentor harus mempunyai pengetahuan yang cukup, untuk lebih banyak memberikan saran. Serta mereka juga butuh “ekstra skill-set” seputar proses mentorship untuk memastikan mentee mendapatkan keuntungan yang maksimum. Tiga Pendekatan Mentoring menurut Morton-Cooper & Palmer (a,b,c,d):

1. Classical mentoring, Sebagai pilihan, hubungan informal alamaiah. Kemampuan dalam emosional, organisasional, dan istilah profesional.

2. Contract mentoring, Sebagai tambahan , membuat hubungan organisasional biasanya berfokus pada fungsi spesifik yang membantu.

3. Pseudomentoring, Mentoring dalam dalam “penampilan” , istilah yang singkat dan fokus yang jelas, misalnya dukungan dalam penempatan pencapaian yang spesifik, tujuan yang sempit.

Dalam tatanan pendidikan klinis keperawatan Peran Pembimbing Klinik Sebagai Mentor menjadi sangat penting. Hal-hal yang harus dimiliki seorang mentor adalah ;
Siap untuk mengambil peran sebagai mentor bagi mentee, 
Membagi pengetahuan tentang perawatan pasien dan berlaku sebagai positif role model, 
Familiar dengan program study mentee dan melakukan dokumentasi pengkajian, 
Mengidentifikasi kesempatan belajar dan pengalaman belajar sebagai proses yang terencana, 
Mengobservasi mentee melakukan ketrampilan dalam supervisi sesuai level yang sesuai, 
Menyediakan waktu untuk refleksi, feedback, monitoring dan dokumentasi kemajuan mentee, 
Mengkaji kompetensi dan keamanan pasien, menjaga dalam dokumentasi pengkajian, 
Memberikan kepada mentee feedback membangun, 
dengan menyarankan bagaimana meningkatkan untuk peningkatan kemajuan mentee, 
Melaporkan setiap insiden yang tidak diinginkan atau hal penting kepada manajer senior anda dan institusi pendidikan, 
Bekerja sama dengan dosen dan staf pendidikan klinik bila diperlukan. 
Memelihara pengetahuan profesional termasuk ikut pertemuan “mentorship updates”. Ikut dalam supervisi klinik dan merfleksikan hubungan ini ke dalam peran tersebut Mencatat pengalaman mentoring anda sebagai bukti pengembangan professional. (Murray. Main, 2005).

Berdasarkan peran pembimbing klinik sebagai mentor, secara garis besar peran seorang mentor adalah bertujuan untuk membantu mentee dalam bentuk perilaku mendukung dalam hal-hal positif, membantu dalam persiapan selama proses pembelajaran, memberikan berbagai informasi/intruksi yang dibutuhkan mentee, memberi kesempatan untuk ekspresi diri, menggali respon dan implikasi terhadap keperawatan dan menghubungkannya dengan keperawatan yang akan datang, serta melakukan evaluasi. Proses dalam melakukan mentoring, diantaranya (b,c) :

Persiapan Penempatan

Nama mentor sebaiknya disampaikan untuk setiap mentee dengan penempatan area dan total durasi penempatan. Rotasi libur tetap harus direncanakan. Sehingga setiap mentor mempunyai kesempatan. Mentor bekerja dengan mentee minimal 3 dari 5 shift (RCN 2002). Kondisi untuk mempelajari ketrampilan memerlukan petunjuk dari mentor yang membagikan pengalaman praktek agar para mentee tahu apa yang harus dilakukan, bagaiman melakukan tindakan, latihan ketrampilan, serta menerima hasil belajarnya. Untuk itu mentee perlu mendapatkan bimbingan dari mentor untuk mempraktekan kegiatan, berfikir dan merefleksikannya.

Orientasi.

Sebelum masuk ke tempat praktek mentee harus sudah mendapatkan pembekalan terutama tentang tindakan-tindakan yang sering dilakukan di tempat praktek dan kasus-kasus yang ada, minimal sebelum ketempat praktek mentee sudah dinyatakan lulus dalam mengikuti lab skiill dan tercatat dalam portofolio mentee.

Interview Kemajuan

Melakukan kontrak dengan mentee untuk : 
Initial interview, Intermediate interview, Final interview. Initial Interview, Perlu dilakukan : Cari tahu tentang tahap training mente, Bantu mentee untuk meyusun tujuan yang bisa dicapai, Tanyakan jika mereka punya tugas atau pengkajian, Kenalkan mereka kepada tempat praktek, Cari tahu jika mereka mempunyai kecemasan spesifik, Beri dukungan mereka untuk self-assesment setiap stage.

Intermediate Interview, Perlu dilakukan :
Tanyakan pendapat yang lebih luas dari staff lain, Dukung mentee untuk mengkaji diri sendiri, Klarifikasi setiap point yang di buat, Berikan saran untuk perbaikan yang sifatnya positif, Catat point yang dibuat oleh mentee, Lihat kembali perkembangan mentee, Dorong mentee untuk menjawab pertanyaan, Pastikan privacy untuk wawancara baik secara interpersonal maupun intrapersonal, Kontak dengan institusi pendidikan untuk proses evaluasi bila ada hal penting yang perlu disampaikan. 

Hal-hal yang jangan dilakukan: Perubahan tiba-tiba pada mentee, Hanya menggunakan opini mentor sendiri, Final Interview, Perlu dilakukan : 
Tanyakan mentee untuk mengisi self assesment lagi, Hubungi institusi pendidikan bila ada hal penting. 
Jangan dilakukan : 
Takut mengatakan bahwa mentee belum berhasil pada kasus tersebut. 
Evaluasi : 
Mentee : praktek mereka harus dievaluasi sebagai bagian dari proses audit pendidikan, Mentor seharusnya diundang untuk mengevaluasi pengalaman mereka dalam memfasilitasi pengalaman pembelajaran dari mentee, Evaluasi ini harus sesuai dengan monitor kualitas lokal dan pemerintah.





Selanjutnya bagaimana pelaksanaan Metode Mentoring
Share:

No comments:

Post a Comment

Nurse Station

Artikel Pilihan

Form Asuhan Keperawatan Gawat Darurat

 Form Asuhan Keperawatan Gawat Darurat 2020 Memuat…

Popular

Powered by Blogger.

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.