Website ini berisikan artikel terbaru tentang trend & issue Ilmu Keperawatan.

Perawat di perawatan akut

Perawat di perawatan akut (Acute Care Nursing) 

Tujuan dari perawatan akut adalah mengembalikan kesehatan dan menjaga stabilitas pasien. Pasien menerima perawatan aktif dalam waktu singkat untuk trauma atau yang mengancam jiwa, masalah kesehatan rutin, pemulihan dari operasi, atau eksaserbasi akut penyakit kronis. Tempat Perawatan akut memiliki hal yang berbeda dari perawatan jangka panjang atau layanan perawatan kronis. 

Perawat di perawatan akut (Acute Care Nursing)
https://pixabay.com/id/photos/monitor-tekanan-darah-kesehatan-1749577/

Apa itu perawatan akut?

Sebagai tempat pelayanan kesehatan di garis depan, perawat di perawatan akut diharapkan untuk melakukan berbagai tugas dan harus siap untuk berbagai situasi masalah kesehatan setiap hari.

Seorang perawat di perawatan akut dapat dipanggil untuk mengobati mulai dari cedera parah dan penyakit kronis, hingga stroke dan penyakit menular merupakan kondisi masalah kesehatan khusus. Perawatan akut melibatkan perawatan pada pasien yang didiagnosis dengan kondisi akut dan mungkin terjadi di sejumlah masalah klinis seperti karena Kecelakaan & keadaan Darurat, Perawatan Intensif dan Perawatan Neonatal. Perawatan akut termasuk dalam kategori perawatan sekunder yang lebih luas karena tahap setelah perawatan primer (ketika seorang pasien melakukan kontak pertama dengan para tenaga medis).

Ruang Lingkup Perawatan Akut?

Ada banyak area berbeda di mana perawatan akut dapat dilakukan. Sebagai contoh ruang lingkup perawatan akut, diantaranya : 
1. Perawatan darurat (emergensi)
2. Perawatan yang mendesak (urgent)
3. Perawatan trauma
4. Perawatan kritis
5. Perawatan intensif neonatal dan pediatrik
6. Perawatan rehabilitasi
7. Perawatan akut psikiatris
8. Perawatan akut pasca Operasi

Tindakan di perawatan akut?

Sebagai perawat dalam perawatan akut, Anda akan bertanggung jawab atas penyakit dan cedera yang membutuhkan tindakan cepat, intervensi cepat untuk mencegah kematian atau cacat, dan memulihkan kesehatan yang lebih optimal kepada pasien. Kegiatan perawat di perawatan akut :
1. Penilaian dan pemantauan kondisi pasien
2. Memeriksa gejala dan tanda-tanda vital 
3. Mengatur tes diagnostik
4. Mengembangkan rencana perawatan yang sedang berjalan
5. Pemberian infus atau berbagai jenis obat
6. Memeriksa dan menggunakan peralatan khusus seperti monitor dan ventilator

Jika pasien tidak dapat dipulihkan kesehatan yang relatif lebih baik, mereka akan dipindahkan ke perawatan jangka panjang (kronis) atau area yang lebih cocok untuk mengobati kondisi atau cedera mereka, seperti pusat rehabilitasi. Perawatan akut berarti perawat menggunakan keterampilan berpikir kritis, memprioritaskan pasien berdasarkan kegawatan penyakit atau cedera. Setelah pasien stabil, pasien biasanya akan dipulangkan oleh perawat di perawatan akut. 

bagaimana menjadi perawat di perawatan akut?

Perawat di perawatan akut umumnya bekerja dengan pasien hanya untuk waktu yang singkat. Perawatan akut adalah spesialisasi keperawatan. Program keperawatan mencakup empat ruang lingkup yaitu, keperawatan dewasa, kesehatan mental, mgajari difabel, dan keperawatan anak yang semuanya menawarkan peluang kepada perawat untuk bekerja di perawatan akut.

Pada 2012, rata-rata gaji untuk perawat (RNs) adalah $ 65.470 per tahun. Untuk perawat Spesialisas umumnya dibayar lebih. Untuk perawat khusus praktik lanjut seperti praktisi perawat perawatan akut, kompensasi tahunan rata-rata $ 91.450, menurut Nurse Journal.

Dengan mengambil posisi di bidang sub-spesialisasi perawatan akut seperti onkologi, perawatan jantung, atau geriatri, perawat dapat meningkatkan karier mereka. Mayoritas posisi ini membutuhkan praktisi perawat perawatan akut. Penunjukan praktik lanjutan ini membutuhkan pengalaman sebelumnya dan setidaknya gelar master dalam bidang keperawatan. The American Association of Critical-Care Nurses menunjukkan bahwa karena kekurangan perawat, banyak rumah sakit sekarang menawarkan orientasi perawatan akut dan program magang.

Perawat di perawatan akut juga dapat harus meningkatkan kompetensi mereka dengan melanjutkan pendidikan sertifikasi. The American Nurses Credentialing Center mengutip, berikut sebagai contoh sertifikasi:
1. Acute/Critical Care Nursing (CCRN)
2. Tele-ICU Acute/Critical Care Nursing (CCRN-E)
3. Acute Care Nurse Practitioner in Adult-Gerontology (ACNPC-AG)

Perawat (RNs) yang dipekerjakan sebagai perawat di perawatan akut nantinya melanjutkan pekerjaan minatnya untuk pindah ke spesialisasi terkait ini :

Perawat transportasi udara (Flight/transport nurses) menemani pasien yang sakit kritis atau terluka selama pemindahan dari satu lokasi perawatan ke lokasi lainnya. Banyak dari pasien ini membutuhkan perawatan akut seperti transfusi dan pemantauan teknologi tinggi. Sertifikasi yang tersedia termasuk Certified Flight Registered Nurse (CFRN) dan Certified Transport Registered Nurse (CTRN). 

Perawat triase telepon (Telephone triage nurses) memberikan nasihat tindakan pertama untuk masalah medis akut seperti contohnya kemungkinan menelan racun. Beberapa bekerja di pusat-pusat krisis trauma di mana mereka menerima telepon dari korban kekerasan seksual. Mereka harus menggunakan pengetahuan perawatan akut untuk dengan cepat menilai sifat masalah, menenangkan penelepon, dan mengarahkan mereka ke fasilitas perawatan yang tepat jika diperlukan. 

Perawat rehabilitasi (Rehabilitation nurses) yang bekerja di fasilitas rehabilitasi akut membawa pengalaman traumatis pada perawatan individu yang telah mengalami traumatis, menderita penyakit yang melumpuhkan, atau setelah menjalani operasi khusus. Karena latar belakang perawatan akut mereka, para perawat ini dapat membantu pasien mendapatkan manfaat dari program rehabilitasi yang intensif dan multidisiplin. 

Referensi :
https://nurse.org/articles/acute-care-nurse-salary-and-career-opportunities/
https://www.nursingtimesjobs.com/article/what-does-an-acute-nurse-do-/
https://www.registerednursing.org/answers/what-acute-care-nursing/
Share:

No comments:

Post a Comment

Nurse Station

Artikel Pilihan

Form Asuhan Keperawatan Gawat Darurat

 Form Asuhan Keperawatan Gawat Darurat 2020 Memuat…

Popular

Powered by Blogger.

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.